Cara Mengetahui Ukuran AC

"Bagaimana cara mengetahui ukuran AC ?"



Seringkali kita sebagai pembeli  ingin memastikan  AC yang dibeli sesuai dengan kapasitas PK yang di inginkan. Biasanya para pembeli percaya begitu saja dengan penjual. Walaupun begitu terkadang masih ada rasa penasaran atau keingintahuan bagaimana cara penjual membedakan ukuran PK pada AC.

Hal ini terbukti ketika ada teknisi AC datang kerumah, pertanyaan yang sering dilontarkan adalah “Itu ACnya berapa PK mas?”. Itu tanda pembeli masih betul-betul kurang yakin dengan ACnya..

Setiap kemasan produk tentunya memberikan beberapa informasi tentang produk yang ada didalamnya. Seperti halnya  pembungkus makanan, kita disuguhkan beberapa informasi tentang produk yang ada didalamnya. Dari label yang ada, kita mengetahui gambaran rasa dari makanan tersebut tanpa membuka dan mencicipinya.

Begitu pula dengan AC, produsen sudah memberikan informasi pada label tersebut. Kalau kita mencari ukuran PK pada  AC memang tidak ada, karena sebenarnya satuan daya pendingin adalah BTU/hr (British Thermal Unit/hour). Tetapi kebanyakan masyrakat lebih familiar menyebutnya dengan PK..

Nah disini kita akan membahas cara megetahui PK AC berdasarkan BTU :

± 5.000 BTU/hr   : ½ Pk
± 7.000 BTU/hr   : ¾ PK
± 9.000 BTU/hr   : 1 PK
± 12.000 BTU/hr : 1,5 PK
± 18.000 BTU/hr : 2 PK
± 24.000 BTU/hr : 2,5 PK

Jika anda menemukan BTU yang seperti 4.500 BTU bisa dibilang AC ini ½ Pk Low watt


Kelengkapan informasi mengenai AC biasanya ada pada unitnya. Bisa pada unit Indoor atau Outdoor, termasuk tentang besaran beban daya listrik yang akan diserap oleh AC anda.

Sekian sedikit penjelasan dari saya kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jika anda butuh jasa service AC yang berpengalaman, profesional, jujur dan bertanggung jawab hubungi kami di Service AC Jogja.

0 komentar:

Posting Komentar