Kenapa AC Membeku?

"Kenapa AC membeku?


Pipa Outdoor

Evaporator


Anda mungkin berfikir ketika melihat bunga es di pipa AC adalah hal yang wajar, AC mengeluarkan hawa dingin, jadi wajar kalo membeku seperti kulkas atau freezer. Itu pemikiran yang salah, padahal ketika adanyaa bunga es di pipa, udara yang dikeluarkan unit Indoor akan menjadi tidak dingin atau kurang dingin.

Bunga ES, Freon dan Kotor.
Munculnya bunga es pada pipa AC, pada umumnya karena kurangnya tekanan didalam system akibat adanya kebocoran. Kebocoran bisa terjadi apabila pipa instalasi maupun pada unit Indoor ataupun Outdoor sehingga tekanan Freon berkurang. Kebocoran yang terjadi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti :
  1. Instalasi pemipaan
  2. Usia pipa maupun unit
  3. Faktor kotoran yang melekat pada unit

Tekanan normal pada system AC split adalah 65-80 Psi. Jika terjadi kebocoran maka tekanan akan kurang dari70Psi. Bunga es akan muncul saat tekanan dibawah 45Psi.

Jika bunga es muncul pada unit Indoor (Evaporator) namun blower tetap berputar normal, kemungkinan besar disebabkan karena kotoran yang menempel pada pipa Indoor dan juga kemungkinan lainnya karena adannya kebocoran system sehingga tekanan Freon berkurang.

Jadi munculnya bunga es pada pipa umumnya disebabkan oleh :
  1. Adanya kebocoran Freon.
  2. Indoor maupun Outdoor yang sudah kotor.
  3. Kipas blower pada unit Indoor tidak berfungsi sehinggga menyebabkan pipa AC  membeku karena Freon yang sudah terkompresi tidak dapat menyerap panas.


Bunga Es Indikasi Kebocoran Freon AC
Pada umumnya bunga es yang paling banyak terjadi adalah karena kebocoran Freon. Ciri-cirinya adalah munculnya bunga es pada pipa dekat Outdoor (Dekat pipa sambungan dengan Outdoor). Hal ini disebabkan karena adanya kebocoran Freon di instalasi pipa. Bisa jadi karena Flaring pipa yang kurang rapi, pemutaran baut yang kurang baik, pentil yang kurang baik maupun pipa yang korosi.

Penanganan Bunga Es yang Terjadi pada Pipa AC.
Jadi ciri-ciri kebocoran Freon AC di pipa adalah munculnya bunga Es pada pipa dekat sambungaan Outdoor. Untuk mengatasihal tersebut adalah dengan memperbaiki kebocoran terlebih dahulu, baru kemudian lakukan pemvakuman, baru mengisi Freon AC kembali.

Jika anda mengalami hal tersebut dan membutuhkan  teknisi, kami siap melayani anda.
Hubungi kami di Service AC Jogja.

0 komentar:

Posting Komentar